Pelantikan dan Pengukuhan Asosiasi Floorball Indonesia oleh KONI Pusat

Categories: Featured, News

_MG_8824 (Medium) IFA & KONI Committee

 

Jakarta, Juni 2016

 

Jumat, 3 Juni 2016 adalah hari yang bersejarah bagi cabang olahraga Floorball. Untuk pertama kalinya sejak terdaftar di KONI Pusat tahun 2009 yang lalu, Asosiasi Floorball Indonesia dilantik secara resmi menjadi anggota Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat. Hasil ini merupakan hasil kerja keras Pengurus Pusat Asosiasi Floorball Indonesia yang Pertama periode 2012-2016, yang dipimpin oleh Prof Toho Cholik Mutohir, MA, Ph.D.

Di saat yang bersamaan pula, Pengurus Pusat (PP) AFI – Asosiasi Floorball Indonesia (yang juga dikenal dengan nama Indonesia Floorball Association – IFA) untuk periode 2016-2020, yang dipimpin oleh Prof Toho Cholik Mutohir – dikukuhkan kepengurusannya oleh Ketua Umum KONI Pusat Bapak Tono Suratman di Kantor KONI Senayan, Jakarta.

Adapun dalam kesempatan ini Ketua Umum KONI Pusat menyampaikan “Keberadaan olahraga ini relatif baru. Meski demikian mereka langsung bergerak cepat dengan membuat kepengurusan. Kami berharap mereka cepat bekerja dan menyebarkan olahraga ini ke seluruh Indonesia” ujarnya setelah pelantikan PP AFI.

Floorball sendiri adalah cabang olahraga yang cukup populer di Swedia, Finlandia dan Norwegia karena permainannya mirip hoki es dan alat-alat permainannya cukup mirip. Dalam satu tim terdiri dari 20 pemain, namun yang berada di lapangan hanya enam pemain yang satu diantaranya seorang penjaga gawang. Lama pertandingannya adalah 3 babak di mana waktu yang diperlukan dalam 1 babak adalah 20 menit.

Di bawah kepengurusan PP AFI periode 2012-2016, cabang olahraga ini mulai dikembangkan di Indonesia sejak November 2012, di mana sudah digulirkan Kejuaraan Nasional Floorball pertama di STC Senayan. Adapun oleharaga ini ini menggunakan stik plastik dan bola bulat.

_MG_8993 (Medium)  Rapat di KONI - 3Jun16

Bapak Tono Suratman menjelaskan dengan diakuinya AFI dan sudah dilantiknya kepengurusan baru ini diharapkan segera menggencarkan sosialisasi.  “Selain kepada masyarakat umum, sosialisasi melalui lembaga pendidikan cukup tepat. Dengan cepatnya sosialisasi dan pembinaan, kami harapkan mampu melahirkan atlet-atlet potensial,” katanya menambahkan. Hal ini sudah dilakukan oleh PP AFI semenjak Pertemuan Forum Dekan di bulan Februari 2016 yang lalu bertempat di UNESA Surabaya.

Orang nomor satu di KONI Pusat itu juga meminta kepada jajaran PP AFI untuk melakukan koordinasi dengan KONI daerah juga tidak luput untuk terus membentuk kepengurusan baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota. Prof. Toho Cholik Mutohir MA, PhD selaku Ketua Umum PP AFI mengatakan, perjuangan untuk membangun floorball Indonesia akan terus berjalan dan dalam penjelasannya sudah ada 12 pengurus provinsi yang telah bergabung dan jumlah pengurus provinsi akan bertambah.

“Kami berharap olahraga ini jadi olahraga pelajar karena ada keunikan. Bukan sekedar bermain, namun ada nilai-nilai kebersamaan dan perjuangan. Tidak hanya untuk prestasi, tapi juga untuk pembentukan karakter,” katanya usai upacara pelantikan.

_MG_8879 (Medium)  _MG_8906 (Medium)

Adapun arahan Ketua Umum KONI Pusat Bapak Tono Suratman agar PP. AFI dibawah kepemimpinan Prof. Toho segera bekerja Cerdas, Keras, Tuntas dan Ikhlas untuk menyebarluaskan olahraga Floorball, diantaranya melalui lembaga pendidikan dari SD sampai Perguruan Tinggi. PP AFI akan bekerja keras dan bersama-sama dengan KONI Pusat akan mengembangkan olahraga Floorball sehingga bisa meraih prestasi setinggi mungkin, baik di tingkat nasional maupun internasional.

 

Maju Terus Olahraga Floorball di Indonesia!

 

_MG_9111 (Medium)

_MG_8981 (Medium)

Kelar Rapat 3Jun16 - Bendera

Spread The Love, Share Our Article


  • Fatal error: Call to undefined function tweetmeme() in /home/sloki/user/h91849/sites/floorball.or.id/www/wp-content/themes/matapat/single.php on line 71