About

About Floorball

Floorball adalah olahraga tim indoor yang dimainkan dengan menggunakan tongkat komposit dengan ujung plastik yang melengkung, di mana tujuan permainan adalah untuk meletakkan bola plastik ringan ke dalam gawang lawan. Floorball sangatlah populer di Swedia, Finlandia dan Swiss, dan juga dimainkan di beberapa negara lain seperti Norwegia dan Republik Ceko. Hal ini semakin populer di banyak tempat lainnya juga, termasuk beberapa negara di luar Eropa, seperti Kanada, Singapura, Jepang, Australia dan Amerika Serikat.

Floorball dimainkan di lapangan dengan enam pemain per sisi. Tujuan permainan adalah untuk mencetak gol dengan menempatkan bola plastik ke gawang lawan yang berada di ujung lapangan. Para pemain dapat mengendalikan dan mengarahkan bola dengan menggunakan tongkat dengan ujung yang melengkung. Pemain tidak boleh menggunakan tangan, lengan, atau kepala untuk bermain bola dengan sengaja, tetapi dapat menggunakan bagian tubuh yang lainnya. Kaki dapat dipergunakan di dalam permainan Floorball (terutama menghentikan bola bergulir), namun tidak dapat dipergunakan untuk mencetak gol atau mengoper bola kepada teman.

Sebuah tim floorball terdiri dari 5 pemain dan satu penjaga gawang, yang memakai perlengkapan khusus dan pekerjaan utamanya adalah untuk menghentikan bola memasuki jaring. Penjaga gawang tidak diizinkan memakai tongkat. Standard ukuran lapangan Floorball internasional adalah sebesar 40 x 20 meter dan tertutup oleh papan dengan sudut bulat (setinggi 50 cm). Ukuran gawang adalah 1,60 x 1,15 m dan 65 cm. Tongkat yang terbuat dari plastik atau karbon dan sedikit lebih dari 1 meter panjangnya. Panjang tangkai tidak lebih dari 99 cm dan ujungnya terbuat dari berbagai plastik yang berbeda. Bola Floorball terbuat dari plastik, mempunyai diameter sebesar 72 mm, memiliki berat maksimal 23 gram, dan memiliki 26 lubang di dalamnya.

Info lebih lanjut: http://en.wikipedia.org/wiki/Floorball

About Indonesian Floorball Association (IFA)

Indonesian Floorball Association (IFA), atau yang juga disebut sebagai Asosiasi Floorball Indonesia, didirikan pada tanggal 28 Oktober 2009, bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda. Adapun maksud dan tujuan IFA adalah:

  • Mengembangkan sikap positif dan karakter para pemuda seperti kejujuran , kedisiplinan, dan kreativitas yg tinggi melalui olahraga Floorball.
  • Mengembangkan minat, bakat dan prestasi para pelajar dan mahasiswa Indonesia dalam olahraga Floorball ke tingkat Internasional

IFA mempunyai moto yang sama dengan tema dari peringatan Sumpah Pemuda tahun 2009, yaitu “Pemuda Bersatu, Indonesia Bangkit dan Maju”.

Struktur organisasi kepengurusan IFA yang sekarang adalah:

 Jabatan Nama
President Toho Cholik Mutohir
Vice President Amung Ma´mun
Vice President Haryo Yuniarto
Vice President Anton A. Nangoy
Secretary General Raymond Adam Nangoy
Transfer contact IFA Secretariat
Anti-doping contact Dr. Widjanarso
Referee contact Widhie Kristiyanto
National team contact Rully Okta Saputra
Media contact Dharma Oratmunga
Education/Development Ario Ekowardhono

About International Floorball Federation (IFF)

The International Floorball Federation (IFF) is the worldwide governing body for the sport of floorball. It was founded in 1986 in Huskvarna, Sweden, by the national floorball associations of Finland, Sweden and Switzerland. As of 10 December 2009, it had 51 member associations, with 3,870 recognized clubs and 267,000 registered players. It is an ordinary member of the GAISF.
The IFF hopes to have floorball included in the 2020 Summer Olympics